Bertemu Orang Banyak [Inilah Keuntungan kalau Punya Relasi Banyak]

Beberapa hari terakhir saya mengikuti kegiatan organisasi yang menuntut saya untuk bertemu banyak orang. Hal yang termasuk jarang di kehidupan kuliah saya ini. Entah kenapa, sikap ekstrovert yang biasa keluar spontan dari diri saya selama SMA pelan-pelan berkurang. Sekarang saya harus pilih-pilih untuk menunjukkan sikap asli saya yang ekstrovert. Belakangan saya baru tau bahwa itu kepribadian ambivert.

Bertemu Orang Banyak?
Ilustrasi Banyak Teman. Sumber: sebastienmillon.com
Yak, fokus pembahasan di catatan saya kali ini ya bertemu orang banyak. Banyak orang-orang menyebutnya relasi, networking, dan kata-kata model lain. Bertemu banyak orang lain adalah salah satu cara untuk menambah jaringan pertemanan atau networking (bahasa kerennya). Sebenarnya apa keuntungan jaringan pertemanan tersebut?

Singkat kata kemarin malam saya dapat kesempatan ngobrol-ngobrol dalam kelompok kecil bareng mas Dico, yang empunya Dokter Laptop di Semarang. Nah dari obrolan itulah beliau memberikan petuah-petuah gratis tentang pentingnya jaringan pertemanan. Sambil mengobrol santai, beberapa pesan dari mas Dico adalah :

Mempermudah Peluang Bisnis
Dengan latar belakang pebisnis atau pengusaha, mas Dico berkata kira-kira seperti ini: "Kalau banyak relasi, peluang bisnis bisa lebih gampang didapetin. Biasanya ide bisnis itu nggak sengaja muncul waktu kita ngobrol bareng teman. Banyak teman, banyak ngobrol, banyak rejeki." begitu katanya.

Menambah Pelanggan Usahamu
Masih dengan latar belakangnya sebagai pengusaha, mas Dico melanjutkan pembicaraannya. "Begitu juga kalau kamu sudah memiliki usha. Siapa orang yang pertama kali beli produk kamu? Pasti teman sendiri kan? Banyak teman, banyak pelanggan." katanya.

Tidak Tersesat Dimanapun
Nah sekarang beliau berbicara sebagai anggota dari Hipmi. "Kita kan sudah sama-sama ada di Hipmi. Nah jaringan Hipmi ini harus kita manfaatkan. Hipmi ini adalah jaringan yang luas, kalian ada dimanapun di seluruh Indonesia, tidak akan pernah tersesat. Tinggal kontak sama anggota Hipmi di daerah situ, aman kalian". Begitu katanya panjang lebar.

Banyak teman memang asik. Di internet juga banyak bahasan-bahasan yang bilang kalau punya banyak teman itu bagus. Ada yang bilang cita-citanya lebih cepat tercapai, memahami banyak sifat yang berbeda, lebih mudah menciptakan terobosan hidup, dan yang lain-lain. Bahkan kawan-kawan sendiri juga dapat menyebutkan apa keuntungan banyak teman


Jadi masih berpikir untuk punya teman sedikit saja?

Comments

Popular Posts