Penjelasan Tentang Tertawa 'wkwkwk'

Halo kawan malam ini saya mau membahas topik yang ringan yaitu mengupas tuntas asal muasal bentuk tertawa 'wkwkwkwk'. Sebenarnya ide ini saya dapat dari kawan saya (sebut saja Denti) yang kebetulan merasa penasaran dengan tertawa 'wkwkwkwk' yang memang sudah sangat menjamur di kalangan para blogger, netizen, maupun pengguna social media. 

Sebenarnya saya sendiri bingung cara membaca tertawa model 'wkwkwkwk' ini bagaimana. Apakah "wek wek wek wek (dengan e seperti membaca 'bebek')", atau "weka  weka weka weka", atau malah "wek wek wek wek (dengan e seperti membaca 'merpati)". Namun apa lacur, semua sudah terlanjur, penggunaan 'wkwkwkwk' sebagai ekspresi tertawa sudah sangat menjamur di sosial media. Nah kali ini saya berhasil merangkum penjelasan mengapa ada tertawa 'wkwkwkwk' selamat membaca.

Tertawa seperti bebek

Hasil awal yang saya temukan yaitu menurut kamus slang bahwa wkwkwk berarti tertawa sangat keras, sampai suara terdengar seperti bebek. Dari situ saya bingung karena sekeras-kerasnya saya tertawa ya tidak pernah suara saya terdengar seperti bebek.

Tertawa khas Indonesia versi 9gag.com
Wkwkwkwk
Penelusuran kedua yang membawa saya kesasar di situs komedi 9gag.com, malah saya menemukan bahwa 'wkwkwkwk' identik dengan tertawanya orang Indonesia. Disana dijelaskan bahwa tertawa orang Indonesia adalah 'wkwkwkwk'.

Jawabannya adalah Onomatopoeia

Yak kawan! Ternyata jawaban yang paling masuk akal versi saya sendiri adalah tertawa 'wkwkwk' termasuk dalam kasus onomatopoeia. Perlu kawan ketahui, onomatopoeia berasal dari bahasa Yunani (Onomatope = nama) yang berarti membuat nama.  

Definisi dari Onomatopoeia adalah kosakata yang dibentuk berdasarkan bunyi atau suara yang dikeluarkan oleh kata yang bersangkutan. Contoh kasus yang sejenis adalah penyebutan kata tokek kepada hewan yang berbunyi 'tokek-tokek', bom kepada benda yang mengeluarkan suara 'bom', kerupuk kepada makanan yang berbunyi 'kerupuk' pada saat digigit, dan masih banyak lagi.

Onomatopoeia juga ditemukan dalam kata bahasa Inggris. Contohnya adalah gecko (tokek) untuk hewan yang berbunyi 'gecko-gecko', flip-flop (sandal jepit) untuk benda yang berbunyi 'flip-flop' saat digunakan, dan masih banyak yang lainnya.

Tergantung Imajinasi seseorang dalam menafsirkan bunyi

Onomatopoeia merupakan salah satu bentuk kreatifitas yang sangat tergantung oleh bagaimana orang tersebut menafsirkan bunyi yang didengarnya. Jadi bisa saja kawan menulis kata yang berbeda untuk bunyi yang sama. Contohlah saja antara tokek dan gecko yaitu bentuk penafsiran kata yang berbeda padahal hewan yang dimaksud adalah sama. 


Nah itu dia kawan, mengapa tercipta tertawa 'wkwkwkwkwk' di kalangan kita. Selidik punya selidik fenomena tertawa 'wkwkwk' ini adalah suatu bentuk keragaman kreatifitas manusia dalam menafsirkan bunyi. Apakah sudah terjawab? hehehehe

Comments

Post a Comment

Popular Posts