Kurangi Penggunaan Kantong Plastik!

Menjalani masa kuliah di semester 2 ini saya mengambil salah satu mata kuliah yang bernama "Rekayasa Lingkungan". Di mata kuliah tersebut diajarkan bagaimana kita melakukan kegiatan konstruksi dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan disekitarnya.

Yap, seperti yang sedang populer akhir-akhir ini, acap kali kita mendengarkan hal-hal yang berbau pelestarian lingkungan. Katakanlah mobil ramah lingkungan, listrik ramah lingkungan, rumah ramah lingkungan, dan semua hal yang berbau ramah lingkungan memang menjadi trend yang baik di seantero negeri ini. Mungkin beberapa saat akan ada pacar ramah lingkungan juga kali ya. hehehe

Bicara soal lingkungan, hal menarik yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai kantong plastik. Dimana-mana ada kantong plastik. Supermarket, pasar, mini market, warung makan, bengkel motor, dan sebagainya banyak sekali ditemukan kantong plastik yang digunakan untuk membungkus entah itu makanan atau produk yang dibeli. Satu hal yang tidak bisa dilewatkan juga adalah di tempat fotokopi juga ada kantong plastik. 

Berapa hari yang lalu saya mengeprint dokumen di tempat fotokopi. Di lingkungan kampus tempat saya ngekos ini memang banyak sekali tempat yang menawarkan jasa fotokopi bak jamur di musim semi. Setelah tugas print dokumen selesai saya ke kasir untuk membayar biaya print. Lalu mas-mas fotokopi bertanya kepada saya: "Mau pakai plastik tidak, mas?" 

Karena saya kebetulan tidak membawa tas, maka saya menjawab : "Pakai, mas." 

Terus ?

Sekilas percakapan seperti itu terlihat biasa dan memang sering terjadi di tempat fotokopi dimanapun. Setelah saya sampai kamar kost tiba-tiba saya kok bertanya-tanya apa alasan dari mas-mas fotokopi itu bertanya demikian. Jawaban pertama yang berhasil saya temukan adalah bahwa itu salah satu cara untuk menekan biaya pembelian plastik. Karena mungkin saja pembeli tidak ada yang perlu menggunakan plastik untuk membawa hasil fotokopinya. Setelah berlama-lama berpikir, ternyata secara tidak sadar mas-mas fotokopi juga membantu menekan penggunaan plastik kemasan.

Lho? Mengapa?

Itu dia kawan, penggunaan kantong plastik di dunia sudah terlalu berlebih. Berdasarkan fakta-fakta yang berhasil dihimpun oleh www.reuseit.com, sekitar satu triliun kantong plastik digunakan di seluruh dunia setiap tahunnya. Itu berarti sekitar satu juta kantong plastik digunakan setiap menitnya. Padahal dibutuhkan waktu lebih dari 1000 tahun untuk setiap kantong plastik itu terurai.

Lantas ?

Nah di kiriman saya yang satu ini saya mengajak kawan-kawan semua untuk mengurangi penggunaan kantung plastik sebagai pembungkus. Hanya gunakan kantung plastik bila sangat membutuhkannya saja. Apakah itu sulit ?

Sebenarnya mudah kawan, Dari hal yang terkecil, kita bisa membawa tas sendiri untuk membungkus berbagai barang yang kita beli. Selain itu menggunakan pembungkus berbahan selain plastik juga bisa menjadi alternatif lain dalam gerakan penghematan kantong plastik.

Dengan mengurangi penggunaan kantung plastik kita berkontribusi untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk-makhluk laut. Karena sampah plastik yang terbuang juga banyak terdapat di lautan. BUkan hanya kantung plastik saja. Botol plastik, dan bermacam-macam sampah plastik sudah menambah masalah di bumi ini.

Comments

Popular Posts