Tips dan Strategi Lolos SNMPTN 2015

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke SMA dalam rangka Promosi Universitas yang memang diadakan setiap tahun di SMA tempat saya sekolah dulu. Bagi siswa-siswi SMA Sederajat yang duduk di kelas paling senior yaitu kelas XII, tahun ini adalah tahun penentuan. Baik Ujian Nasional maupun SNMPTN adalah dua dari sekian banyak tantangan yang harus dihadapi mereka. 

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur yang disediakan pemerintah dibawah naungan Kemdiknas atau Kemdikbud bagi siswa - siswi SMA yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. 

Dari tahun ke tahun, SNMPTN merupakan jalur primadona. Hampir seluruh siswa ingin lolos SNMPTN. Walaupun begitu, tidak semua pendaftar dapat lolos SNMPTN. data dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2014 kemarin, dari total pendaftar sebanyak 777.536 orang, hanya 125.406 orang saja lolos SNMPTN 2014 dan dapat melanjutkan studi di universitas dan program studi yang mereka pilih.

Beragam usaha dilakukan oleh siswa-siswi yang ingin lolos SNMPTN. Mulai dari bertanya kepada senior-seniornya yang diterima jalur SNMPTN tahun lalu, konsultasi pada guru BK sampai-sampai mencari tips-tips lolos SNMPTN termasuk tips dari saya ini.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips dan strategi yang saya rangkum menjadi beberapa poin dan diharapkan dapat membantu menghilangkan rasa galau kawan-kawan dalam memilih jurusan. Semoga tips yang saya berikan dapat membantu kawan-kawan semua untuk menemukan perguruan tinggi yang sesuai dengan kriteria dan minat anda.

  • Akreditasi Sekolah maupun Program Studi
    Perhatikankah akreditasi program studi yang anda pilih. Akreditasi program studi yang dipilih mempengaruhi kelulusan anda. Jangan hanya melihan akreditasi universitasnya. Bagi anda yang ingin mengetahui akreditasi program studi pilihan dapat cek di Direktori BAN-PT Kemdiknas.
    Selain itu akreditasi sekolah anda juga mempengaruhi. Jika sekolahmu mempunyai akreditasi yang baik, jangan ragu untuk memilih program studi di SNMPTN. Karena semakin baik akreditasi sekolah, semakin besar peluang untuk diterima di perguruan tinggi yang diinginkan.
  • Jejak Alumni
    Alumni juga berperan dalam kelulusan anda. Kabar baik jika ada alumni dari sekolah anda yang masuk ke fakultas/jurusan yang anda minati. Itu berarti peluang anda diterima menjadi lebih besar. Selain itu anda juga perlu mengetahui jejak alumni yang diterima disana memiliki track record yang baik atau tidak. Hal itu sedikit banyak mempengaruhi kelulusan anda.
    Perhatikan juga kakak kelas anda yang diterima di SNMPTN tahun lalu apakah dia mengambil atau melepasnya. Jika kakak kelasmu mengambil jurusan tersebut maka posisi anda masih dibilang aman.
  • Pilihan Jurusan
    Sesuai atau tidaknya jurusanmu dengan bidang yang dipilih dalam SNMPTN juga menjadi bahan pertimbangan. Banyak orang menyarankan jangan mengambil pilihan yang lintas jurusan, dan saya termasuk salah satu orang yang setuju dengan usulan itu. Jika anda dari program IPA, maka pilihlah jurusan kategori SAINTEK. Begitu pula dengan anda yang dari program IPS mala hendaklah anda pilih jurusan kategori SOSHUM. Dengan demikian, peluang anda diterima menjadi lebih besar.
  • Nilai Rapor
    SNMPTN identik dengan prestasi. Tentu saja ini berkaitan dengan nilai rapormu. Nilai yang digunakan dalam SNMPTN adalah dari semester 1 - 5. Usahakanlah nilaimu selalu stabil, dan jika ada penurunan pun jangan sampai penurunannya terlalu signifikan. 
  • Carilah Informasi Sebanyak-banyaknya
    Selain anda harus mengecek informasi pendaftaran SNMPTN di www.snmptn.ac.id, anda juga harus aktif mencari informasi di website resmi universitas, Ada beberapa universitas yang mewajibkan peserta SNMPTN untuk mengisi data di website resminya juga. Tentu saja hal ini tidak ingin anda tinggalkan begitu saja bukan ?
  • Passing Grade 
    Hal ini termasuk poin yang cukup penting. Urutkan program studi yang hendak kamu pilih sesuai dengan passing grade nya dari yang tertinggi dan terendah. Dari berbagai informasi yang say dapatkan, trik ini sedikit banyak akan memperbesar peluangmu untuk lolos.
  • Sertifikat Prestasi 
    Hal ini adalah kabar gembira bagi anda yang tidak hanya belajar di kelas, tapi beberapa kali keluar kelas untuk mengikuti lomba baik tingkat Kota, Provinsi, bahkan Nasional dan menang lomba tersebut. Jika anda punya sertifikat prestasi, jangan takut untuk menyertakannya dalam berkas pendaftaran SNMPTN. Peluang lolos akan semakin terbuka lebar.
  • Konsultasi ke Guru BK (Bimbingan Konseling), Bimbel, Alumni, dan Orang Tua
    Biasanya pada masa-masa ini ruang BK mendadak ramai peminat. Yang datang kesana bukan hanya siswa-siswi yang melanggar tata tertib sekolah, melainkan siswa-siswi senior yang kebingungan memilih jurusan. Tentu saja hal ini sangat perlu anda lakukan. Guru BK setiap tahunnya selalu menolong siswa-siswi kebingungan seperti anda saat ini (termasuk saya tahun lalu). Bisa dibayangkan betapa berharganya informasi yang anda dapatkan setelah berkonsultasi dengan beliau.
    Bagi anda yang ikut program bimbingan belajar, jangan sia-siakan kesempatan untuk berkonsultasi disana. Lain bimbel lain pula program yang digunakan agar dapat menembus SNMPTN. Alumni juga bisa menjadi sumber informasi yang cukup akurat, namun berhati-hatilah karena tidak sedikit alumni yang memanfaatkan momen ini untuk modus.
    Konsultasi dengan orang tua juga penting untuk mempertimbangan biaya kuliah (bagi anda pendaftar non bidikmisi), jarak dengan tempat tinggal, dan restu dari beliau-beliau.
  • Restu dan Doa
    Restu dari orangtua, keluarga dan orang-orang sekitar anda sangatlah penting. Dan hal yang menjadi penyempurna dari setiap usaha yang anda lakukan adalah berdoa. Ini dia satu hal yang unik, karena pada momen SNMPTN ini banyak sekali siswa yang sadar memperbaiki diri dan menambah tingkat keimanannya. Hal ini sangat berdampak positif bagi kelulusan anda asal doa dan usaha peningkatan keimanan tersebut dilakukan dengan tulus hati.
Tips yang saya berikan diatas tidak saya urutkan berdasarkan skala prioritas. Tentu saja masih banyak tips dan cara agar lolos di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini. Setiap Perguruan Tinggi pasti juga memiliki kriteria sendiri-sendiri yang menjadi parameter dalam menyeleksi calon mahasiswa baru mereka. Informasi yang saya berikan juga hanya berdasarkan pengalaman, data, dan rangkuman dari berbagai pendapat yang ada saja. Karena yang mengetahui secara detail hanyalah Tuhan dan panitia SNMPTN sajalah yang tahu. Jadi tidak salah jika anda mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

Comments

Popular Posts