Penjelasan Ilmiah Gaun yang Bebeda Warna

Ceritanya kemarin sore saya sedang memantau grup line kelas, siapa tahu ada info penting tentang kuliah yang dibagikan di grup itu. Ya, selain grup tersebut berisi obrolan dan kadang banyolan kawan-kawan sekelas saya, terkadang juga ada info penting tentang kuliah yang seringkali terlewatkan kalau tidak sering-sering buka. Tiba-tiba ditengah obrolan dan banyolan yang muncul di grup, ada salah satu teman saya yang memposting gambar gaun sekaligus bertanya kepada teman-teman saya apa warna dari gaun tersebut.

Gaun Kontroversial ( www.covesia.com )
Sekilas memang terlihat mudah menentukan warna gaun tersebut. Saya sendiri melihat warna gaun tersebut adalah biru hitam. Berbagai komentar mulai muncul tentang gambar tersebut. Saya mulai gusar ketika jawaban dari teman-teman saya berbeda ada yang biru-hitam ada juga yang putih-emas. Bahkan beberapa sudah ada yang menyebutkan penjelasan mengenai fenomena berbedanya jawaban mereka tersebut.

Diam-diam saya juga penasaran mengapa jawaban teman-teman saya berbeda. Setelah beberapa menit berselancar di dunia maya, saya baru tau gambar tersebut sekarang sudah menyebar di internet. Setelah browsing kesana kemari saya menemukan berbagai jawaban yang berhasil saya rangkum di liputan khusus tentang baju yang bikin bingung ini. Monggo silakan disimak

Tentang Sel batang dan Sel Kerucut

Awalnya kita perlu memahami fungsi-fungsi sel batang dan sel kerucut yang ada pada organ mata kita. Sedikit mengulas pelajaran biologi yang saya dapat waktu SMA, sel batang di mata kita membuat kita bisa melihat bentuk suatu benda tetapi tidak bisa menerjemahkan warnanya. Sedangkan sel kerucut membuat kita bisa melihat warna (merah, biru, dan hijau). Alasan mengapa kita bisa melihat warna selain ketiga warna tersebut adalah ketiga warna itu dipadukan dengan intensitas tertentu sehingga menghasilkan warna-warna lain (sistem warna RGB).

Perbedaan Sensitifitas antara Kedua Sel Menyebabkan Perbedaan Interprestasi Warna

Jadi mengapa sebagian orang melihat dengan warna putih-gold, sebagian lagi melihat dengan warna biru-hitam? Ternyata yang menyebabkan semua itu adalah sensitifitas kedua jenis sel tersebut. Ketika anda melihat warna gaun tersebut biru-hitam maka sel kerucut anda memiliki sensitifitas yang lebih tinggi daripada orang yang melihat gaun tersebut berwarna putih-emas.

Selain itu juga masih banyak penjelasan baik berkaitan dengan ilusi optik, dan lain sebagainya. Masih bingung ? Silakan tuliskan pertanyaan anda di kotak komentar dibawah ini. hehehe sekian.

Comments

  1. tapi pas pertama kali aku liat itu warnanya putih-gold, lalu pas aku cek lagi kok warnanya berubah jadi biru hitam ya? berubah ubah gitu deh, gmna tuh ngga? apa mataku yang bermasalah? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena saat pertama kamu lihat, sel tabung masih lebih berfungsi jadi yang terlihat adalah putih emas. Lama kelamaan karena pada saat kamu melihat ada di ruangan yang cahayanya cukup, sel kerucutnya mulai bekerja dan jadilah biru hitam :D

      Delete
  2. oh jadi begitu ya, terimakasih informasinya hehe :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts