Kegunaan Catatan

Mencatat adalah hal yang sudah mulai jarang dilakukan. Kita lebih tertarik untuk mengingat setiap informasi yang kita peroleh tanpa mencatatnya. Namun begitu, ternyata ada banyak keuntungan yang kita dapatkan dalam mencatat. Mau tau apa saja keuntungannya ? Segera simak beberapa poin keuntungan yang saya rangkum dibawah ini.

  1. Membantu untuk Tetap Fokus
    Ketika kita mencatat hal-hal penting dari topik yang sedang dibahas, secara tidak sadar kita mengarahkan seluruh pikiran kita ke topik yang sedang kita terima dan kita catat. Ketika kita fokus, tentu saja tingkat pemahaman kita terhadap suatu masalah bertambah sangat pesat dan hal ini sangat mempermudah pekerjaan kita.
  2. Mempermudah Kita dalam Mengemukakan Ide atau Pendapat
    Karena kita sudah bisa fokus dengan baik, pikiran kita juga menjadi terbuka sehingga ide dan pendapat bisa bermunculan dengan sendirinya di pikiran kita. 
  3. Memiliki Dokumentasi yang Jelas tentang Apa yang Kita Catat
    Jika kita menyimpan catatan yang kita buat dengan biak, kumpulan catatan yang kita simpan dapat menjadi sumber dokumentasi yang jelas. Jadi kita tidak perlu susah payah untuk mengingat karena semua informasi yang kita dapatkan sudah dicatat dan disusun dengan rapi.
  4. Sarana Mengingat dengan Cepat dengan akurasi yang dapat diatur
    Akurat atau tidaknya catatan yang kita buat sangat bergantung pada seberapa lengkap kita mencatat suatu topik. Semakin lengkap catatan yang kita buat, maka akurasi catatan itu akan semakin baik.
Sayang sekali jika kebiasaan mencatat sudah mulai ditinggalkan belakangan ini. Padahal perkembangan teknologi sebenarnya membantu kita dalam mencatat hal-hal penting tanpa membawa kertas dan bolpoin. Pepatah bijak dari nenek moyang juga berkata "Ingatan yang kuat masih kalah dengan tulisan yang buram diatas kertas". Setelah membaca beberapa kegunaan diatas, Apakah anda tergugah untuk rajin membuat catatan ? 

Comments

Popular Posts