Mengenal Ebola, Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Virus Ebola
Beberapa minggu terakhir ini dunia dihebohkan dengan wabah penyakit baru yaitu Ebola. Oleh karena itu saya akan berbagi informasi tentang penyakit yang paling mematikan di Dunia ini.

Ebola adalah penyakit yang disebabkan oleh virus ebola. Gejala penyakit ini adalah muntah, diare, sakit badan, pendarahan dalam, pendarahan luar, dan demam. Asal kata dari ebola itu sendiri dari sungai Ebola di Kongo. Penyakit ini belum ada obatnya, tingkat kematian akibat penyakit ini mencapai 80%-100%. Sampai pertengahan Agustus, korban penyakit ebola ini mencapai lebih dari 1000 orang tewas. Sebagian besar korban berada di Guinea, Liberia dan Sierra Leone.

MENGAPA BERBAHAYA ?
Sejauh ini belum ditemukan obat atau vaksin pencegah virus ebola, hal ini pula yang menyebabkan penyakit itu menyebar dengan cepat sampai WHO saja mengumumkan Darurat Internasional wabah penyakit Ebola. Penyakit ini menular melalui darah, keringat, air liur dan air mani. Hal ini tentu saja mempercepat perkembangan penyakit tersebut.


BAGAIMANA MENCEGAHNYA ?
Nah ini mungkin yang paling ditunggu oleh kawan-kawan pembaca. Bagaimana mencegah penyakit yang sedang menjadi trend di dunia saat ini. Dari sumber yang saya sertakan dibawah, beberapa cara mencegah penyakit ebola adalah :
  1. Menghindari bepergian ke daerah yang menjadi awal mewabahnya virus Ebola karena dikhawatirkan virus tetap berkembang di daerah tersebut.
  2. Mencuci tangan merupakan langkah paling mudah dan sederhana untuk mencegah masuknya berbagai macam penyakit ke dalam tubuh. Cuci tangan dengan alkohol minimal 60 persen mencegah penularan bakteri patogenik dan virus.
  3. Jangan mengonsumsi daging hewan liar yang berasal dari daerah epidemi ebola. Hindari juga berdekatan dengan hewan liar di daerah tersebut.
  4. Jangan melakukan kontak fisik dengan penderita ebola karena penyebaran virus ini sangat mudah melalui cairan-cairan tubuh.
  5. Pahami prosedur pengendalian infeksi ebola.
  6. Jangan asal menangani penderita yang meninggal.
Sekian informasi tentang penyakit Ebola, jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman anda. Pembaca yang baik pasti meninggalkan jejak komentar, jangan lupa berkomentar ya kawan.

Comments

  1. wahh, mesti di perhatiin nih :)
    Thanks info gan :)

    ReplyDelete
  2. nambah wawasan dan kewaspadaan nih gan, nice info! :)

    ReplyDelete
  3. makin tua bumi ini makin banyak penyakit aneh-aneh gan, terimakasih sudah share jadi tau tentang ebola yang menghebohkan dunia saat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa kasih tau tetangga-tetangga ya gan :D

      Delete
  4. Wah penting nih untuk di ketahui, indonesia sudah masuk belum om virus ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada kabar virus ini masuk ke Indonesia gan, saya dengar di Amerika Serikat saja baru ada 2 kasus.

      Delete
  5. Semoga dapat segera diatasi wabah penyakit ebola.
    Tukang sayur depan rumah juga takkasih tau kok bro, tenang aja aku share infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke calon dokter, terimakasih sudah berkunjung :D

      Delete

Post a Comment

Popular Posts