Indonesia Mengajar - Semangat Belajar Dari Sumatera

Kawan, anda harus membaca postingan saya yang satu ini. Walaupun agak lebih panjang daripada postingan-postingan saya yang lain, tapi manfaat dan semangat yang kawan rasakan setelah membaca postingan ini akan sangat terasa berbeda. Disini saya akan bercerita tentang apa yang saya alami dalam jangka waktu 24 jam terakhir. Ya, benar. Dalam jangka waktu sesingkat itu seketika semangat saya meningkat drastis setelah saya membaca salah satu pesan broadcast yang berasal dari pulau barat Indonesia sana. Ya, Sumatera Namanya.

Singkat ceritanya, pesan broadcast itu disebarkan melalui sosial media tumblr dan facebook, hingga akhirnya saya sendiri membaca pesan tersebut yang intinya adalah permintaan dari guru muda yang mengikuti program Indonesia Mengajar  dan bertugas di salah satu kabupaten di Sumatera Selatan tepatya di Muara Enim. Inti dari pesan tersebut adalah mengajak siapapun yang membaca pesan itu untuk menulis surat semangat bagi siswanya dan dikirimkan melalui pos dan harus sampai sebelum tanggal 15 September 2014.

Untuk pesan secara lengkap dapat kawan lihat pada status saya DISINI 

Setelah membaca pesan itu sekitar pukul 10.30 malam, saya tergerak untuk menulis surat semangat tersebut, karena kebetulan saya di SMA juga tidak jarang memberi semangat untuk adik-adik kelas saya yang hendak mengikuti lomba (walau begitu saya bukan cheerleader -_- ). Ya bukan dengan cara seperti cheerleader juga -_- tapi lebih ke membuka pikiran para kontestan lomba agar merasa bahwa semua orang mempunya kesempatan yang sama untuk mengikuti lomba. tapi tidak seketika langsung saya menulis dan kirim, saya coba untuk menghubungi Contact Person (CP) yang kebetulan tercantum disana.

Dan paginya, sms saya dibalas :D Ternyata yang membalas adalah si penyebar pesan tersebut yaitu mbak Prawinda dan biasa dipanggil Winda. 

Lalu saya berpikir bahwa tidak cukup jika saya hanya bertanya mengenai keaslian pesan yang disebarkan melalui media sosial tersebut. Maka saya memiliki ide untuk menyebarkan pesan ini lewat blog saya, sambil meminta foto kegiatan para pejuang kecil pencari ilmu disana agar para pembaca blog saya yaitu kawan-kawan bisa membayangkan betapa indah alam disana dan betapa tinggi semangat mereka untuk belajar. 

Setelah invite BBM saya di acc oleh beliau, akhirnya mbak Winda memberi saya 3 buah foto yang mewakili semangat mereka disana :D 


Dan sayapun mengucapkan terimakasih kepadanya dan segera mengambil laptop untuk menuliskan cerita ini kepada kawan sekalian. 

Kawan-kawan. yang pertama saya rasakan setelah membaca surat tersebut adalah terharu. Bagaimana tidak, disana ternyata ada 170 siswa dengan semangat ribuan kali lipat untuk bersekolah. Mereka begitu semangat ingin mengetahui dan mengenal hal baru maupun dunia baru. Sebuah perasaan yang jarang kita temui di tempat penuh kenyamanan ini.

Ini adalah sudut sekolah yang gambarnya diambil sendiri oleh mbak Winda

Dalam pesan berantai yang dibuat oleh mbak Winda, saya dapat merasakan betapa besar kebanggaan mereka yang ditujukan untuk sebuah proses yang kadang kita sendiri saja malas untuk mengikutinya. Benar, sekolah. Mereka begitu semangat bersekolah demi cita-cita yang mereka impikan. Dalam hati saya merasa terpukul karena walaupun saya berbeda generasi dengan mereka, saya sudah lulus SMA, tetapi semangat saya sering luntur karena kegagalan-kegagalan yang saya lalui.

Kegiatan olahraga di SDN Semende Darat Ulu. Sepertinya mereka sedang melakukan gerakan senam ya ?

Sering pula saya bermalas-malasan hanya demi sesuatu hal yang tidak berguna, mementingkan kepentingan sesaat daripada apa yang kelak akan berguna bagi saya di masa depan. Apakah kawan juga begitu ? atau mungkin saya saja karena saya  memiliki sikap dan kebiasaan seburuk ini...

Dalam membaca surat tersebut saya juga merasakan bahwa mereka adalah bagian dari saudara-saudara kita. Ya, saudara kita yang sedang belajar dan berusaha meraih cita-cita mereka dengan semangat dan kebahagiaan sederhana yang mereka dapatkan dari orangtua, guru, dan keindahan alam disekitar mereka. Saya hanya ingin mengajak sahabat sekalian menulis. Tulislah apa yang bisa membakar semangat mereka, yang bisa melepaskan dahaga mereka akan betapa indahnya dan betapa kuatnya persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa.

Sebagian Siswa-Siswi SDN Semende Darat Ulu. Lihatlah betapa indah alam sekitarnya. INDONESIA Bro :D

Sahabat, hanya beberapa menit, tidak akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menuliskan sesuatu pesan semangat untuk mereka. Dengan menulis kata demi kata semangat, kita turut serta membangun jembatan bagi mereka untuk meraih mimpi-mimpi bersarnya. Kita ikut merangkai mimpi-mimpi mereka, bayangkan betapa bahagianya ketika kita bisa melihat saudara kita, saudara kita di negeri sendiri berprestasi, membanggakan keluarga mereka yang mayoritas bekerja di kebun-kebun kopi dan di sawah. 

Ini bukan tentang popularitas, kawan. Ini tentang persatuan kita, tentang semangat saling membantu kita yang sudah didepan mata. Hanya menulis, dan kirimkan di kantorpos. Pastikan sampai sebelum tanggal 15 September, dan bayangkan betapa besar dampaknya. Betapa besar semangat-semangat mereka tumbuh dan berkembang menjadi tindakan dan usaha yang melampaui batas kenyamanan mereka. Ayo bantu mereka sahabat, menulislah.

Bagaimana kawan, ayo mulai tulis apapun yang membuat mereka semangat. Jangan menunda karena masa depan dimulai hari ini kawan. Dan jangan lupa tinggalkan jejak komentar anda dibawah, tunjukkan bahwa anda adalah pembaca yang baik :)

Salam, Agustinus Rangga

Comments

  1. bgus nih buat pembelajaran karena sekarng banyak guru maupun murid yang malas hehe??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe betul gan, dulu mah guru pada naik sepeda tapi jarang telat. sekarang naiknya mobil/motor tapi berangkatnya ngepas :D makasih udah berkunjung gan :D

      Delete
  2. Aku nangis bacanya :" . Oke, mari kita tulis surat semangat kita untuk mereka di barat Indonesia :D

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat bermanfaat gan, dulunya ane mls belajar tapi stlah baca artikel ini jadi giat :D makasih gan udh di share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe semangat belajar dan semangat menulis gan :D

      Delete
  4. jadi terharus gan,,aku aja yg enak2 tinggal di kota males belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sama gan, saya gja gitu, jadi gak enak sama mereka gan -_-

      Delete
  5. nice artikel sob :D
    sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga manfaatnya juga terasa bagi orang-orang disekitar agan, terimakasih sudah berkunjung gan :D

      Delete
  6. Huft merinding bacanya ,, sedikit cambuk buat aku juga si, bahwa kita harus bersyukur dengan apa yang telah kita punyai (fasilitas yang lebih dari mereka) . Nah seharusnya kita lebih bisa berfikir panjang dibanding mereka. namun nyatanya apa? justru kebalikannya,aku aja kadang merasa putus asa. Padahal kan seharusnya kita harus berdoa serta berusaha dan berusaha demi mencapai impian kita. Bukan malah kita manja dengan fasilitas yang telah tersedia. Terimakasih kak Rangga, kau sudah mengingatkanku kembali tentang Pentingnya Perjuangan :D Salam Istimewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sama sama sazza, selamat berjuang kembali dengan semangat yang baru. Buktikan bahwa kamu bisa :D

      Delete
  7. guru yang seperti ini yang hrusnya bisa di contoh oleh guru2 lainnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  8. Negeri ini terus berbenah diri dalam rangka merangkul dan memasyarakatkan pendidikan hingga ke pulau terdepan, terluar, dan terpencil. Melalui program-program pemerintah seperti Program SM-3T akan terus digalakkan hingga pendidikan itu adalah menjadi milik dan hak untuk semua golongan.

    Education for all!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah info baru gan, terimakasih banyak sudah menambah informasi di blog ini :D

      Delete
  9. ciyee kak rangga. keren ya anak anak yang punya semangat belajar kaya begitu. semoga kita termasuk anak anak dengan semangat belajar tinggi juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyee adibah komen pas tanggal 15 nya, gak sempet kirim surat :D

      Delete

Post a Comment

Popular Posts